Sunday, October 16, 2011

Bonsai styling - Video panduan tehnik membuat bonsai

Video bonsai styling

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.
Penanaman dilakukan di pot dangkal. Istilah bonsai juga dipakai untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal, dan apresiasi keindahan bentuk dahan, daun, batang, dan akar pohon, serta pot dangkal yang menjadi wadah, atau keseluruhan bentuk tanaman atau pohon. Bonsai adalah bahasa Jepang.

Seni ini mencakup berbagai teknik pemotongan dan pemangkasan tanaman, pengawatan (pembentukan cabang dan dahan pohon dengan melilitkan kawat atau membengkokkannya dengan ikatan kawat), serta membuat akar menyebar di atas batu. Pembuatan bonsai memakan waktu yang lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan, antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah. Tanaman atau pohon dikerdilkan dengan cara memotong akar dan rantingnya. Pohon dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut. Tanaman adalah makhluk hidup, dan tidak ada bonsai yang dapat dikatakan selesai atau sudah jadi. Perubahan yang terjadi terus menerus pada tanaman sesuai musim atau keadaan alam merupakan salah satu daya tarik bonsai.


Membuat, merawat sebuah pohon bonsai sangat menyenangkan, tidak saja dilakukan oleh para penggemar bonsai akan tetapi ini juga merupakan sebuah bisnis penyewaan tanaman hias yang dapat menjadi sesuatu penghasilan bagi mereka yang telah lama menjalaninya dan bahkan untuk para pemain baru dalam usaha penyewaan tanaman hias khususnya bonsai. Tentu saja bagi yang telah memiliki beberapa koleksi bonsai atau bonsai yang unik akan banyak menghasilkan uang. Bonsai adalah karya seni, semakin unik maka akan semakin tinggi nilai jualnya.

Bonsai styling video tutorial membahas, membuat bonsai.Tehnik dalam pembuatan bonsai mulai dari pengawatan, pemangkasan batang dan ranting hingga tehnik pembakaran batang sehingga akan tampak lebih tua dan indah.

Bonsai styling
Rp 65.000.-

0 comments: